Pengertian Belajar dan Tipe Belajar

Pengertian Belajar dan Tipe Belajar

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan dari hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Menurut Gagne dalam The Condition of Learning menyatakan bahwa belajar terjadi apabila suatu situasi stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatannya (performance-nya) berubah dari waktu sebelum ia mengalami situasi itu ke waktu sesudah ia mengalami situasi tadi.

Belajar adalah aktivitas yang dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari dan sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Siswa dianggap telah belajar sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan tingkah lakunya sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungan yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotorik. 

Kegiatan belajar siswa dalam rangka mencapai tujuan pengajaran bergantung pada bahan ajar. Ada beberapa tipe belajar berdasarkan hakikat bahan ajar, diantaranya :

a. Belajar informasi 
Yang termasuk belajar informasi adalah belajar lambang, kata, istilah, definisi, peraturan, persamaan, dll. Seringnya, belajar informasi di dipelajari secara hafalan. cara yang paling efektif untuk belajar informasi yaitu dengan membuat suatu bahan ajar kedalam pola bermakna atau rangkaian logis. Sehingga memudahkan penerimaan bahan yang lebih kompleks. 

b. Belajar konsep
Belajar konsep adalah belajar melalui gambaran mental secara umum dan abstrak tentang situasi-situasi atau kondisi-kondisi. Belajar konsep lebih menekankan pada kerja otak untuk menerima stimulus sehingga dapat menginterpretasikan suatu pola bahan ajar. 

c. Belajar prinsip
Kondisi umum belajar prinsip sama dengan belajar konsep. Belajar prinsip memerlukan latihan mengingat kembali dalam menggunakan prinsip dalam berbagai situasi. Dalam belajar, prinsip pokok yang diterima dengan baik disebut hukum. Misalnya penguapan, gravitasi, radiasi, dll.  

d. Belajar ketrampilan
Belajar ketrampilan yaitu belajar melalui tindakan-tindakan sehingga kegiatan-kegiatan lain yang telah dipelajari dapat dilaksanakan secara simpulan tanpa saling mengganggu.

Sumber
  • Ngalim Purwanto, (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
  • Nana Sudjana. (1989). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru 
  • Oemar Hamalik. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Belajar dan Tipe Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel