Api-Api Putih (Avicennia alba Blume) ditinjau dari Morfologi, Taksonomi dan Khasiat

picture by flickr.com

1. Morfologi 
Api-api putih (A. alba Blume) merupakan salah satu spesies dari genus Avicennia yang tumbuh di pinggir pantai atau pertemuan muara sungai atau teluk landai dengan lumpur dalam. Bagian pinggir Avicennia biasanya sempit karena benih Avicennia tidak dapat tumbuh dengan baik pada keadaan yang teduh atau berlumpur tebal yang biasanya terdapat di dalam hutan (Nyabakken, J.W., 1993).

Tumbuhan ini memiliki tinggi pohon mencapai 25 meter. Batang pohon memiliki permukaan yang halus berwarna abu-abu hingga coklat gelap, struktur kulit luar keras dan bagian dalam berwarna putih. Sistem perakaran merupakan akar nafas berbentuk seperti pensil yang muncul 10-30 cm dari permukaan tanah.

Daun memiliki kelenjar garam. Daun berbentuk tombak, mengkilap dan gelap, bagian permukaan daun berwarna hijau dan keputih-putihan pada bagian belakangnya, panjang 15 cm dan lebar 5 cm. Buah berbentuk kerucut berwarna hijau keabu-abuan yang panjangnya hingga 4 cm dengan kulit buah yang berbulu. 

Bunga berbentuk bulir berada di ujung atau ketiak daun pada pucuk. Bunga membulat ketika kuncup, memiliki kelopak lima helai, mahkota kebanyakan empat helai, berwarna kuning atau jingga kekuningan. Benang sari terletak berseling dengan mahkota bunga (Isnin, 2008).

2. Taksonomi 
Kedudukan api-api putih (A. alba Blume) dalam taksonomi tumbuhan adalah sebagai berikut (Wikipedia, 2019) :
Kingdom         :    Plantae (tumbuhan)
Subkingdom :    Tracheobionta (berpembuluh)
Divisio :    Magnoliophyta (berbunga)
Subdivisio :    Spermatophyta (menghasilkan biji)
Kelas :    Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Subkelas         :    Asteridae
Ordo :    Scrophulariales 
Famili :    Avicenniaceae
Genus :    Avicennia
Spesies :    Avicennia alba Blume

3. Khasiat
Getah yang keluar dari kulit batang A. alba Blume mempunyai khasiat sebagai anti sakit gigi. Bijinya dapat mematangkan bisul. Minyak biji digunakan sebagai anti tumor, sedangkan buahnya digunakan untuk mencegah sariawan. Masyarakat pesisir banyak menggunakan A. alba Blume untuk membantu menstabilkan pesisiran pantai, kayunya digunakan sebagai kayu bakar dan bahan bangunan. Daun yang masih muda dapat dijadikan makanan ternak dan sebagai pupuk hijau. Abu kayunya dapat membersihkan pakaian, sedangkan kulit kayunya dapat membersihkan atau menghilangkan lemak pada kulit (Soeboyo, 1998).

Referensi
  • Soeboyo. (1998). Beberapa jenis Tanaman laut yang bermanfaat untuk bahan obat dan Kosmetik, Puslitbang Oseanologi-LIPI. Jakarta.
  • Wikipedia. (2019). Avicennia alba. 05 November 2019. http://id.wikipedia.org/
  • Isnin. (2008).  Api-Api Putih (Avicennia alba). 05 November 2019. http://bakau.forestry.gov.my.
  • Nyabakken, J.W. (1993). Biologi Laut : Suatu Pendekatan Ekologis. Terjemahan M. Eidman., Koesoebiono, D.G. Bengen, M. Hutomo dan S. Sukardjo. Gramedia. Jakarta.

Belum ada Komentar untuk " Api-Api Putih (Avicennia alba Blume) ditinjau dari Morfologi, Taksonomi dan Khasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel