Pengertian Belajar Menurut Ahli

picture by kangridwan.com

Dalam perjalanan hidupnya, setiap manusia diharapkan untuk senantiasa mengalami perubahan, dan perubahan yang terjadi hendaknya bersifat permanen atau berlaku untuk waktu yang relatif lama. Perubahan dapat terjadi jika seseorang melakukan aktifitas “belajar”. Aktifitas belajar sendiri meliputi banyak hal, misalnya membaca, mengamati, mendengarkan, meniru, dan sebagainya. Belajar akan lebih baik kalau pebelajar mengalami atau melakukannya sendiri.

Menurut Slameto (2003), belajar adalah suatu usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Dimyati dan Mudjiono (2006) mengemukakan, bahwa belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa yang menentukan terjadi atau tidak terjadi suatu proses belajar. Proses belajar terjadi berkat siswa memperoleh sesuatu yang ada dilingkungan sekitar. 

Belajar juga boleh dikatakan sebagai suatu proses interaksi antara diri manusia dengan lingkungannya; yang mungkin berwujud pribadi, fakta, konsep ataupun teori. Proses interaksi itu sendiri meliputi dua hal, yaitu: proses internalisasi dari sesuatu ke dalam diri pebelajar dan dilakukan secara aktif, dengan segenap panca indera ikut berperan. 

Menurut  Nana Sudjana, belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukan dalam berbagai bentuk seperti pengetahuannya, pemahamanya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilanya, kecakapan dan kemampuanya, daya reaksinya, daya penerimaannya dan lain-lain sebagai aspek yang terdapat dalam individu. (Nana Sudjana :2008 dalam wawasanpendidikan.com)

Proses internalisasi dan keaktifan pebelajar dengan segenap panca indera perlu ada pengembangannya, yakni melalui proses yang disebut dengan sosialisasi yaitu menginteraksikan atau menularkan ke pihak lain. Dalam proses sosialisasi, karena berinteraksi dengan pihak lain tentu akan melahirkan suatu pengalaman. Dari pengalaman satu ke pengalaman lain inilah yang nantinya dapat menyebabkan perubahan pada diri seseorang.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan, bahwa belajar berarti usaha mengubah tingkah laku yang dialami sendiri oleh seseorang/individu melalui interaksi dengan lingkungan. Misalnya berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, dan penyesuaian diri.

Referensi
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mujiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
https://www.wawasanpendidikan.com/2015/08/pengertian-belajar-menurut-ahli.html

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Belajar Menurut Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel