Definisi Return Saham Menurut Ahli

A. Definisi Return Saham Menurut Ahli

pengertian Return Saham
Return Saham

  1. Menurut Brigham et al (1999:192), menyatakan Return Saham adalah : “meansure the financial performance of an investment.” Pada penelitian ini, return digunakan pada suatu investasi untuk mengukur hasil keuangan suatu perusahaan.
  2. Menurut  Home dan Wachoviz (1998:26) mengemukakan bahwa Return Saham adalah:  "return as benefit which related with owner that includes cash dividend last year which is paid, together with market cost appreciation or capital gain wicth is realization in the end of the year”.
  3. Menurut Jones (2000:124) mengemukakan bahwa Return Saham adalah : “ return is yield dan capital gain (lost)”. (1) Yield, yaitu cash flow yang dibayarkan secara periodic kepada pemegang saham (dalam bentuk dividen), (2) Capital Gain (loss), yaitu selisih antara harga saham pada saat pembelian dengan harga saham pada saat penjualan. 
  4. Menurut  Corrado dan Jodan (2000;5) menyatakan bahwa Return Saham adalah : “ return from investment security is cash flow and capital gaint/loss”. Berdasarkan pendapat yang telah dikemukakan, dapat diambil kesimpulan return saham adalah keuntungan yang diperoleh dari kepemilikan saham investor atas investasi yang dilakukannya, yang terdiri dari deviden dan capital gain/loss.

Definisi Return Saham menurut ahli
Definisi Return Saham
Return saham dapat dibedakan menjadi dua yaitu return saham sesungguhnya   (realized   return)   dan   return   yang   diharapkan   atau   return ekspektasi. Return sesungguhnya merupakan return yang sudah terjadi yang dihitung dari selisih harga sekarang relatif terhadap harga sebelumnya. Sedangkan return ekspektasi adalah return yang diharapkan akan diperoleh oleh investor di masa yang akan datang.

Return tersebut memilki dua komponen yaitu current income dan capital gain (Wahyudi, 2003). Bentuk dari current income berupa keuntungan yang diperoleh melalui pembayaran yang bersifat periodik berupa deviden sebagai hasil kinerja fundamental perusahaan. Sedangkan capital gain berupa keuntungan yang diterima kerena selisih antara harga jual dan harga beli saham. Besarnya capital gain suatu saham akan posif, bilamana harga jual dari saham yang dimiliki lebih tinggi dari harga belinya.

Menurut Jogiyanto (2003:109) saham dibedakan menjadi dua: (1) return reaisasi merupakan return yang telah terjadi, (2) return ekspektasi merupakan return yang diharapkan akan diperoleh oleh investor di masa yang akan datang. Berdasarkan pengetian return, bahwa return suatu saham adalah sama hasil yang diperoleh dari investasi dengan cara menghitung selisih harga   saham periode  berjalan dengan periode sebelumnya dengan mengabaikan deviden, maka dapat ditulis rumus (Ross et al.,2003:238).
rumus Return Saham
Rumus Return Saham

Sumber:
  • Brigham, et al. 1999. Financial management Theory and Pactice. The Dryden Press. Orlando. hal 192. 
  • Corrdo, Charles J. and Jordan, Bradford D. 2000.Fundamentals of Invesment Analysis. Fourth Edition. Mc Graw Hill. Singapore. hal 5. 
  • Wahyudi, Sugeng. 2003. Pengukuran Return Saham. Jurnal Ekonomi. Suara Merdeka. 
  • Jogiyanto Hartono. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kelima. Yogyakarta. Bpfe. 
  • Ross, S.A, Weterfield, R.W & Jaffe. 2002. Corporate Finance. MC Grow-Hill, Inc. USA. hal 238.

2 Komentar untuk "Definisi Return Saham Menurut Ahli"

  1. Winning303 Agen Togel Terpercaya dan Terbaik saat ini..
    Dapatkan Angka TOP dari Mbah berpengalaman...

    Diskon hingga 65%... Tak Perlu Bayar Mahal!!!

    Dapatkan ID nya Sekarang Juga...Gratis pembuatan user ID..

    Menang Berapun DIbayar...Sudah Terbukti Kualitasnya..

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  2. Supaya lebih paham kita juga perlu mempelajari Tips Investasi Bagi Pemula

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel