Pembagian Bidang Studi berdasarkan Isi Materi

Jika dilihat dari keseluruhan bahan bidang studi atau materi pelajaran, bahan itu beraneka ragam. Alam menelaah bahan bidang studi harus menempatkan diri dari sudut mana memandangnya. Ada dua cara memandang macam bahan bidang studi. Yaitu dari sudut isi bahan itu sendiri dan dari sudut cara melakukan pendekatannya.
Pembagian Bidang Studi berdasarkan Isi Materi

Adapun dilihat dari sudut isi bahan bidang studi, bahan bidang studi itu ada 6 jenis :
a) Bahan bidang studi fakta 
Bahan bidang studi fakta adalah bahan yang isinya terdiri atas sejumlah fakta, informasi yang kebenarannya tidak dapat diragukan lagi/ diperdebatan. Dilihat dari cara mempelajarinya bahan bidang studi ini bersifat hafalan, cara menguasainya dilakukan dengan belajar berulang-ulang (repitisi), misalnya, sejarah / peristiwa-peristiwa masa lampau. 

b) Bahan bidang studi konsep
Bahan Bidang Studi Konsep adalah bahan studi yang isinya berupa gagasan, idea, pendapat, teori/dalil-dalil bahan bidang studi konsep bersumber dari rasio dan pengalaman seperti kelahiran sebuah dalil matematika / ilmu pengetahuan alam.  

c) Bahan bidang studi prinsip
Bahan Bidang Studi prinsip adalah bahan yang memberi landasan bagi terwujudnya suatu perbuatan yang diharapkan, sehingga melaluinya setiap tindakan yang dilakukan dapat dikontrol dengan baik. 

d) Bahan bidang studi keterampilan
Keterampilan adalah pola kegiatan yang bertujuan, yang memerlukan manipulasi dan koordinasi informasi yang dipelajari. Keterampilan dapat dibedakan menjadi dua kategori yaitu keterampilan fisik dan keterampilan intelektual. Keterampilan fisik adalah keterampilan psikomotorik, misalnya menjahit, mengetik, mencuci dan lain-lainnya. Keterampilan intelektual misalnya memecahkan masalah, melakukan penilaian, membuat perencanaan dan lain-lain. 

e) Bahan bidang studi pemecahan masalah 
Bahan bidang studi pemecahan masalah adalah bahan bidang studi yang mengandung unsur pemecahan masalah. 

f) Bahan bidang studi proses
Bahan bidang studi proses adalah bahan yang melukiskan proses terjadinya sesuatu seperti proses terjadinya perubahan warna, proses terjadinya hujan, proses pengendapan/penguapan. Bahan bidang studi proses bersumber dari pengalaman.  

Pemahaman konsep secara baik yang menjadi bagian dari kemampuan guru maupun calon guru, yang biasanya dijadikan sebagai tuntutan pertama dalam profesi keguruan. 

Sumber:
Nana Sudjana. (1995). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru  Algensindo

Belum ada Komentar untuk "Pembagian Bidang Studi berdasarkan Isi Materi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel