Tipe-Tipe Saluran Air Pada Porifera

Belajar Yuk; Pada postingan sebelumnya telah dibahas secara tuntas tentang Filum Propifera dan Ciri-Cirinya. Kali ini akan melanjutkan pembahasan pada Tipe-Tipe Saluran Air Pada Porifera. Semoga bermanfaat.
tipe-tipe saluran air pada porifera
Tipe-Tipe Saluran Air Pada Porifera
Tipe-Tipe Saluran Air Pada Porifera 

Sistem saluran pada hewan Porifera bertindak seperti halnya sistem sirkulasi pada hewan tingkat tinggi. Sistem ini melengkapi jalan bebas untuk pemasukan makanan ke dalam tubuh dan untuk pengangkutan zat buangan keluar tubuh. Ada tiga macam sistem pada hewan Porifera, yaitu: 

Tipe Askon, terdiri dari pori-pori arus masuk, sebuah rongga lambung yang berlapiskan sel-sel leher dan satu oskulum (osculum= mulut kecil). Oskulum adalah tempat lubang arus keluar. 

Tipe Sikon, air mengalir melalui pori-pori kulit atau ostium ke dalam saluran arus masuk, kemudian melalui pori-pori kamar atau prosopil (prosoplyes: proso= ke depan, pyle=gerbang) ke saluran-saluran meruji (radial) berlapiskan koanosit. Dari sini ia diputar oleh cambuk-cambuk koanosit ke dalam rongga kloaka, akhirnya keluar lewat oskulum. 

Tipe Leucon, terdiri dari tiga, yakni: pertama air lewat melalui ostium kulit, melalui saluran arus masuk mencapai, kedua sejumlah kamar-kamar kecil berlapis koanosit, kemudian terbawa melalui, ketiga sebuah sistem arus keluar, ke rongga kloaka dan akhirnya keluar melalui oskulum. (Kasijan Romimohtarto dan Sri Juwana, 2009)

demikianlah pemaparan tentang Tipe-Tipe Saluran Air Pada Porifera. Semoga bermanfaat.

Sumber:
Kasijan Romimohtarto dan Sri Juwana, (2009). BIOLOGI LAUT: Ilmu Pengetahuan Tentang
Biota Laut. Jakarta: Djambatan

Belum ada Komentar untuk "Tipe-Tipe Saluran Air Pada Porifera "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel