Jenis-jenis membaca yang diajarkan pada jenjang pendidikan SD/MI

Jenis-jenis membaca yang diajarkan pada jenjang pendidikan SD/MI dapat dibedakan sebagai berikut.
Jenis-Jenis Membaca anak
Jenis-Jenis Membaca


1)  Membaca Teknik
Bertujuan untuk melatih siswa menyuarakan lambang-lambang tulisan dengan lafal yang baik dan intonasi yang wajar.

2)  Membaca Dalam Hati
Membaca ini perlu segera dilatihkan setelah siswa menguasai semua huruf. Siswa dilatih membaca tanpa mengeluarkan suara dan bibir tidak bergerak.

3)  Membaca Pemahaman
Membaca  ini  merupakan  lanjutan  dari  membaca  dalam  hati, mulai diberikan di kelas III. Untuk mengetahui pemahamn siswa, dapat dilakukan dengan menugasi siswa untuk menceritakan isi bacaan atau dengan mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan.

4)  Membaca Indah
Pada hakikatnya membaca indah sama dengan membaca teknik tetapi bahan bacaan yang digunakan adalah puisi, fiksi atau cerita anak-anak.

5)  Mambaca Cepat
Bertujuan agar siswa dapat menangkap isi bacaan dalam waktu yang cepat.  Untuk  itu  siswa  perlu dilatih  gerakan  mata,  arah pandangan lurus, dari atas ke bawah, hindari membaca kata demi kata, dan menunjuk bacaan dengan satu jari. Kegiatan membaca ini mulai diajarkan di kelas IV.

6)  Membaca Pustaka
Kegiatan membaca ini merupakan kegiatan membaca di luar jam pelajaran dalam bentuk penugasan kelompok atau individu. Jenis membaca ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca siswa.

7)  Membaca Bahasa
Membaca ini ditekankan untuk memahami kebahasaan, bukan memahami isinya. Melalui membaca ini siswa dapat berlatih mengenai makna dan penggunaan kata, pemakaian imbuhan, ungkapan, serta kalimat.

Sumber
Puji  Santoso,  dkk. (2008).  Materi  dan  Pembelajaran  Bahasa  Indonesia  SD.  Jakarta: Universitas Terbuka

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis membaca yang diajarkan pada jenjang pendidikan SD/MI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel