Bagaimana Membentuk Konsep Fisika ?

Belajar fisika termasuk dalam belajar konsep, belajar hukum, dan belajar pemecahan masalah. Fisika merupakan pelajaran tentang kejadian-kejadian alam yang memungkinkan penelitian dengan percobaan, pengukuran, penyajian secara matematis, dan berdasarkan peraturan-peraturan umum.  
 Bagaimana Membentuk Konsep Fisika ?

Belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap. Menurut Robert M. Gagne, sebagaimana dikutip oleh Rachman Abror mengemukakan bahwa, Learning is a change in human disposition or capacity, which persists over a period of time, and which is not simply ascribable to processes of growth. Belajar merupakan sejenis perubahan tingkahlaku, yang keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu.

Fisika dapat dianggap sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha menguraikan serta menjelaskan hukum-hukum alam dan kejadiankejadian dalam alam. Berkecimpung dalam fisika berarti memperbaiki gambaran model dan teori tentang kejadian-kejadian alam, selain itu juga untuk mengembangkan model-model baru. Dengan demikian membuat hukum-hukum alam itu dapat dicakup dan dipahami oleh pikiran siswa. 

Sumber:

Rachman Abror, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1993)

Belum ada Komentar untuk " Bagaimana Membentuk Konsep Fisika ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel