Klasifikasi Porifera berdasarkan kelasnya

Belajar Yuk; pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang Tipe-Tipe Saluran Air Pada Porifera. kali ini akan dilanjutkan pada Klasifikasi Porifera  Berdasarkan Kelasnya. Semoga bermanfaat.

 Porifera
Porifera

Klasifikasi Porifera

Kira-kira dari 5000 spesies hewan Porifera yang telah  terdeskripsikan, berdasarkan pembentuk rangkanya, Porifera dapat dikelompokkan menjadi empat kelas (Ruppert dan Barnes, 1994) atau tiga kelas (Hegner dan Engemann, 1968), kelas-kelas tersebut sebagai berikut: 

a) Kelas Calcarea
Kelas Porifera ini semua hidup di laut. Meraka  mempunyai struktur sederhana dibandingkan dengan yang lainnya. Seperti namaya, sifat kelompok hewan ini adalah adanya spikula dari kapur. Leucosolenia, Sycon dan Clathrina merupakan anggota dari filum tersebut yang mempunyai struktur yang sederhana. Ia tumbuh di batu dekat pantai, tepat di bawah garis air surut. Hewan ini tersusun dari sejumlah tabung horizontal dengan cabang-cabang memanjang ke atas di dalam air. Cabang-cabang ini mempunyai oskulum di ujungnya, tunas, serta cabang yang memanjang ke samping.

Tunas dan cabang tersebut berrongga dan mempunyai satu rongga lambung (gastral cavity) yang berhubungan dengan tabung horizontal. Seluruh bentuk yang terlihat dalam satu koloni dari hewan-hewan dan jaringan-jaringan yang dihubungkan oleh oskulum tunggal yang dianggap sebagai Porifera tunggal. 

Dinding tubuh terdiri dari dua lapis sel, yakni lapisan luar yang disebut epitelimu dermal atau kulit (dermal epithelium) dan lapisan dalam, epitelium lambung (gastral epiyhelium). Di antara kedua lapisan ini terdapat zat lekat (seperti agar-agar) yang di dalamnya terdapat banyak sel ameboid yang berkeliaran. (Kasijan Romimohtarto dan Sri Juwana, 2009)

Gambar anggota dari Kelas Calcarea

kelas Klasifikasi Porifera


b) Kelas Hexantinellida
Hewan-hewan Porifera anggota kelas ini sering dikenal  dengan Porifera kaca. Nama Hexantinellida diturunkan dari kenyataan bahwa spikula-spikulanya bertipe triakson dengan 6 ujung/cuatan atau kelipatannya. Serabut-serabut silika tampak seperti penyekat, karenanya di sebut Porifera kaca. 

Bentuk tubuhnya menyerupai vas bunga, cangkir atau kendi dengan tinggi sekitar 10-30 cm. Spongocoelnya sangat berkembang dan oskulumnya tertutup oleh plat seperti ayakan, warna tubuhnya pucat. Contoh yang terkenal dari kelas ini adalah Euplectella aspergillum (keranjang bunga venus), Hyalonema longissimum. Hexantinellida umumnya hidup pada laut sampai kedalaman 200-1000 m, bahkan kadang-kadang dapat tertangkap pada zona abisal (bagian laut paling dalam). (Yusuf Kastawi dkk, 2003)

Gambar anggota dari Kelas Hexantinellida

Kelas Hexantinellida

c) Kelas Demospongia
Kelas ini adalah kelompok Porifera yang terdominan di  antara Porifera masa kini. Meraka tersebar luas di alam dan jenis maupun hewannya sangat banyak. Kebanyakan sepon yang kita lihat sehari-hari termasuk ke dalam kelompok ini. Mereka sering berbentuk masif dan berwarna cerah dengan sistem saluran rumit, dihubungkan dengan kamar-kamar bercambuk kecil berbentuk bundar. Kerangkanya terdiri dari spikula silikon, tatapi tidak berbentuk triakson seperti pada Hexactinellida. (Kasijan Romimohtarto dan Sri Juwana, 2009)

 Gambar anggota dari Kelas Demospongia
Kelas Demospongia

Semoga artikel tentang Klasifikasi Porifera  Berdasarkan Kelasnya dapat bermanfaat. 

Sumber:
  • Kasijan Romimohtarto dan Sri Juwana. (2009) BIOLOGI LAUT: Ilmu Pengetahuan tentang Biota Laut. Jakarta: Djambatan
  • Yusuf Kastawi dkk. (2003). Zoologi Avertebrata.  Malang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

1 Komentar untuk "Klasifikasi Porifera berdasarkan kelasnya"

  1. Winning303 Agen Togel Terpercaya dan Terbaik saat ini..
    Dapatkan Angka TOP dari Mbah berpengalaman...

    Diskon hingga 65%... Tak Perlu Bayar Mahal!!!

    Dapatkan ID nya Sekarang Juga...Gratis pembuatan user ID..

    Menang Berapun DIbayar...Sudah Terbukti Kualitasnya..

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel