Pengertian Laba Menurut Ahli serta Karakteristiknya

Laba didefinisikan dengan pandangan yang berbeda-beda pengertian laba secara operasional merupakan perbedaan antara pendapatan yang direalisasi yang timbul dari transaksi selama satu periode dengan biaya yang berkaitan dengan pendapatan tersebut.
pengertian laba
Laba
A. Pengertian Laba

Menurut Harahap (2001:267), mengemukakan bahwa laba adalah : “ perbedaan antara realisasi penghasilan yang berasal dari transaksi perusahaan pada periode tertentu dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan penghasilan itu “.

Baridwan (1997:31), mengemukakan bahwa laba adalah : “ kenaikan modal (aktiva bersih) yang berasal dari semua transaksi atau kejadian lain yang mempengaruhi badan usaha pada suatu periode kecuali yang timbul dari pendapatan (revenue) atau investasi oleh pemilik”.

B. Karakteristik Laba

Laba memilki beberapa karakteristik antara lain sebagai berikut: 
  1. Laba didasarkan pada transaksi yang benar-benar terjadi.
  2. Laba didasarkan pada postulat periodisasi, artinya merupakan prestasi peusahaan pada periode tertentu. 
  3. Laba  didasarkan  pada  prinsip  pendapatan  yang  memerlukan pemahaman khusus tentang definisi, pengukuran, dan pengakuan pendapatan.
  4. Laba  memerlukan  pengukuran  tentang  biaya  dalam  bentuk  biaya historis yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan pendapat tertentu dan
  5. Laba   didasarkan   pada   prinsip   perbandingan   (matching)   antara pendapatan dan biaya yang relevan dan kaitan dengan pendapatan tersebut.

Sumber: 
  • Harahap, Sofyan Syafri, 2001. Teori Akuntansi Edisi Revisi, Cetakan Kelima, PT. Grafindo Persada. Jakarta. hal 267. 
  • Baridwan, 1997. Intermediate Accounting, Edisi 7. Yogyakarta : BPFE, hal 31. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Laba Menurut Ahli serta Karakteristiknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel