Keterkaitan Return On Equity (ROE), Harga Saham dan Likuiditas

Keterkaitan Return On Equity (ROE),  Dengan Harga Saham

Pengaruh antara Return On Equity (ROE) dengan harga saham, Brigham & Houston (2006) dialih bahasakan oleh Alfonsus Sirait, Return On Equity (ROE) menjelaskan bahwa : “Tingkat pengembalian yang tinggi atas modal yang mereka investasikan, dan Return On Equity (ROE) menunjukkan tingkat yang mereka peroleh. Jika Return On Equity (ROE) tinggi, maka harga saham juga cenderung akan tinggi dan tindakan yang meningkatkan Return On Equity (ROE) kemungkinan juga akan meningkatkan harga saham”.

picture by smf-indonesia.co.id

Pengaruh antara Return On Equity (ROE) dengan harga saham, Chrisna (2011) menjelaskan bahwa : “Kenaikan Return On Equity (ROE) biasanya diikuti oleh kenaikan harga saham perusahaan tersebut. Semakin tinggi Return On Equity (ROE) berarti semakin baik kinerja perusahaan dalam mengelola modalnya untuk menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham. Dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut dapat menggunakan modal dari pemegang saham secara efektif dan efisien untuk memperoleh laba. Dengan adanya peningkatan laba bersih maka nilai Return On Equity (ROE) akan meningkat pula sehingga para investor tertarik untuk membeli saham tersebut yang akhirnya harga saham perusahaan tersebut mengalami kenaikan”.

Pengaruh antara Return On Equity (ROE) dengan harga saham, Harahap , Sofyan Syafri. (2007), menjelaskan bahwa : “Return On Equity (ROE) digunakan untuk mengukur besarnya pengembalian terhadap investasi para pemegang saham. Angka tersebut menunjukkan seberapa baik manajemen memanfaatkan investasi para pemegang saham. Return On Equity (ROE) diukur dalam satuan persen. Tingkat Return On Equity (ROE) memiliki hubungan yang positif dengan harga saham, sehingga semakin besar Return On Equity (ROE) semakin besar pula harga pasar, karena besarnya Return On Equity (ROE) memberikan indikasi bahwa pengembalian yang akan diterima investor akan tinggi sehingga investor akan tertarik untuk membeli saham tersebut, dan hal itu menyebabkan harga pasar saham cendrung naik”.

Keterkaitan Likuiditas Dengan Harga Saham

Pengaruh antara Likuiditas dengan harga saham menunjukkan bahwa Tingkat likuiditas yang tinggi akan menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam kondisi yang baik sehingga akan menambah permintaan akan saham dan tentunya akan menaikkan harga saham. Harga saham juga akan cenderung mengalami penurunan jika investor menganggap perusahaan sudah terlalu likuid yang artinya terdapat aktiva produktif yang tidak dimanfaatkan oleh perusahaan, dan tidak dimanfaatkannya aktiva tersebut akan menambah beban bagi perusahaan karena biaya perawatan dan biaya penyimpanan yang harus terus di bayar.

Menurut (Brigham, 2006): “Semakin tinggi kemampuan perusahaan dalam memenuhi utang jangka pendeknya, maka menunjukkan perusahaan tersebut sangat baik atau sehat dan hal itu akan menarik para investor untuk menanamkan investasinya, sehingga harga saham akan meningkat”.

Berlandaskan pada teori-teori dan pendapat para ahli, maka dibuat paradigma yang disajikan dalam gambar sebagai berikut:

Daftar Pustaka
  • Brigham, Eugene F. & Joel F. Houston.(2006). Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.
  • Chrisna, Heriyati. 2011. Pengaruh Return On Equity, Net Interest Margin, dan Dividend Payout Terhadap Harga Saham Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Tesis Magister Akuntansi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara.
  • Harahap, Sofyan Syafri. Drs., 2007. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Cetakan ke-7. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 

Belum ada Komentar untuk "Keterkaitan Return On Equity (ROE), Harga Saham dan Likuiditas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel