Pengertian Aqidah Akhlak


Pengertian Aqidah Akhlak

Pengertian aqidah menurut Muslim Nurdin, dkk, adalah: aqidah berasal dari kata “aqada-ya’qidu-aqdan”, yang berarti mengikat atau meyakini. Jadi secara bahasa aqidah berarti ikatan atau keyakinan antara manusia dengan Tuhan. Relevansi kata aqidah berarti yang terpaut dihati, yang bersifat mengikat dan mengandung perjanjian. Hal ini tidak lain dari apa yang diyakini oleh hati sebagai ide yang benar (sesuai dengan kenyataan) atau ide yang baik (menghasilkan kebaikan bila diamalkan).  

Sedang menurut istilah sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW: “Rasulullah SAW bersabda; iman ialah engkau percaya dengan yakin kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, utusan-utusanNya, Hari akhir dan yakin kepada takdir baik dan buruk”. (H. R.Muslim).

Jadi kesimpulannya aqidah adalah segala daya dan upaya untuk memajukan bertumbuhnya aspek keyakinan dalam arti yang sebenarnya tentang hakekat baik dan buruk. Sedangkan definisi akhlak menurut Al Ghozali adalah “Khuluq” (jamaknya akhlak) adalah ibarat (keterangan) tentang keadaan yang tertanam dalam jiwa, dari padanyalah timbul perbuatan-perbuatan dengan gampang dan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan”. 

Sumber:
Muslim Nurdin, dkk. (1993). Moral dan Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta 
Imam Al Ghazali. (1997). Ihya’ Ulum Al-Din, Juz III. Beirut: Darul Fikri

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Aqidah Akhlak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel