Hakikat Pengetahuan Siswa

Hakikat Pengetahuan Siswa

Filsafat konstruktivistik merupakan filsafat yang mempelajari hakikat pengetahuan dan bagaimana pengetahuan terjadi. Apabila yang menekuni siswa, maka pengetahuan itu bentukan siswa sendiri. Pengetahuan bukanlah sesuatu yang sudah jadi, yang ada di luar diri siswa. Tetapi sesuatu yang harus dibentuk sendiri dalam pikiran siswa. Pengetahuan bukanlah suatu yang lepas dari subyek, tetapi merupakan ciptaan manusia yang dikonstruksi dari pengalaman ataupun dunia sejauh yang dialaminya. 
   
Hakikat Pengetahuan Siswa
Pengetahuan merupakan konstruksi seseorang yang sedang mengolahnya, maka jelas bahwa pengetahuan bukanlah sesuatu yang sudah jadi dan tidak terubahkan. Pengetahuan merupakan proses menjadi tahu. Suatu proses yang terus akan berkembang semakin luas, lengkap, dan sempurna. Pembentukan pengetahuan bukan jelas sekali jadi, tetapi bertahap. Pengetahuan hanya dapat ditawarkan kepada siswa untuk dikonstruksi sendiri secara aktif oleh siswa sendiri. Banyaknya siswa yang salah menangkap dan mengerti dari apa yang diajarkan oleh guru menunjukkan bahwa pengetahuan harus dikonstruksi sendiri atau paling sedikit diinterpretasikan sendiri oleh siswa dan tidak begitu saja dapat di pindahkan dari guru ke siswa. 

                                                 
Sumber:
Paul Suparno. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Belum ada Komentar untuk "Hakikat Pengetahuan Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel