Return Saham Terhadap Peristiwa Pengumuman Stock split

Return Saham Terhadap Peristiwa Pengumuman Stock split

Return Saham terhadap stock split
Return Saham

Dalam keadaan yang stabil dan mempunyai nilai saham yang tinggi, banyak emiten yang melakukan kebijakan memecahkan saham dengan mengharapkan penjualan sahamnya dapat bergerak naik dan saham perusahaan dapat dimiliki masyarakat.

  1. Menurut Irham Fahmi (2011:176) mengemukakan bahwa : “Signaling Theory menyatakan bahwa pemecahan saham memberikan informasi kepada investor tentang prospek peningkatan return masa depan substansial”. 
  2. menurut Jogiyanto (2003:419) mengemukakan bahwa : stock split dianggap perusahaan memberikan sinyal yang baik kepada publik berkaitan dengan prosfek perusahaan yang bagus dimasa depan, karena perusahaan yang melakukan pemecahan saham adalah perusahaan dengan harga saham yang tinggi, harga saham yang tinggi tersebutlah sebagai sinyal bahwa perusahaan memiliki prosfek masa depan yang baik, dimana harga saham tinggi mencerminkan bahwa perusahaan memiliki kinerja yang baik”. 
  3. Menurut Darnadji Fakhrudin (2006:183) mengemukakan bahwa : stock split adalah sebuah corporate action, dimana peristiwa ini menyebabkan turunnya nilai nominal saham perusahaan sesuai dengan rasio pemecahannya. yang kemudian akan mempengaruhi harga saham, jumlah saham yang beredar, dan return kepada investor. 


Di dalam penelitian sebelumnya Surtikanti dan Devi Rustandi (2010:108) berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai pengaruh pemecahan saham (stock split) terhadap return saham di perusahaan manufaktur didapatkan suatu kesimpulan bahwa setelah melakukan stock split secara keseluruhan dan rata-rata bergerak naik.

Sumber
  • Irham, Fahmi. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung : ALFABETA. 
  • Jogiyanto Hartono. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kelima. Yogyakarta. Bpfe.  
  • Darmadji, Fakhrudin. 2006.  Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab, Jakarta : Salemba Empat. 

Belum ada Komentar untuk "Return Saham Terhadap Peristiwa Pengumuman Stock split"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel