Definisi Stock Split Menurut Ahli

Definisi Stock Split Menurut Ahli

definisi Stock Split
Stock Split

  1. Menurut Jogiyanto (2003:41) mengemukakan bahwa : stock split  adalah memecah selembar saham menjadi n lembar saham.
  2. Menurut Hartono (2009) mengemukakan bahwa : Pemecahan saham atau stock split adalah memecahkan selembar saham menjadi n lembar saham sehingga harga per lembar saham baru setelah stock split stock split adalah selembar 1/n dari harga sebelumnya maka dapat dirumuskan

rumus Stock Split
Rumus Stock Split

Pemecahan saham juga diartikan sebagai tindakan memecah nilai nominal saham menjadi pecahan yang lebih kecil dan jumlah lembar saham yang beredar menjadi banyak sesuai dengan faktor pemecahan saham (split faktor).

Stock split biasanya dilakukan pada saat harga saham dinilai terlalu tinggi sehingga akan mengurangi kemampuan investor untuk membelinya. Dengan demikian, sebenarnya stock split tidak mempunyai nilai ekonomis.

Secara teoritis stock split tidak memiliki nilai ekonomis karena stock split hayalah mengamati saham yang beredar dengan cara menurunkan nilai pari saham sedangkan saldo  modal saham dan laba  yang ditahan tetap sama. Banyaknya peristiwa stock split dipasar modal memberikan indikasi bahwa stock split merupakan  alat  yang  penting  dalam  praktik  pasar  modal  kerena  stock  split menjadi salah satu alat manajemen untuk membentuk harga pasar perusahaan, dan dalam praktik di pasar modal apabila perusahaan tersebut mempunyai kinerja yang bagus maka harga akan meningkat lebih cepat.

Secara umum, stock split akan cenderung meningkatkan kenerja pasar. Pada haripencatatan terakhir, kecenderungan harga saham akan naik dibandingkan dengan harga sekarang. Seberapa besar kenaikannya tergantung harga target stock split-nya. Bila target harga saham baru sudah stock split Rp.4000 maka harga saham sebelum stock split akan cenderung naik setara Rp.8000. namun demikian hari-hari menuju target tersebut akan terjadi fluktuasi kenaikan dan penurunan harga saham yang dipengaruhi oleh faktor lain yang baik peristiwa dalam negeri maupun global. Menuju hari pencatatan terakhir, harga saham yang terbentuk 

merupakan harga penyesuaian. Para investor yang sudah berpengalaman dalam membeli saham dengan tujuan mendapatkan dividen akan mencari waktu dan harga yang tepat pada kurun waktu tersebut. Kombinasi atara peristiwa pembagian dividen dengan peristiwa stock split nampaknya merupakan upaya memberikan sinyal yang positif. Dengan pemilihan waktu dan harga yang tepat dalam kurun waktu tersebut, maka investor dan mendapatkan deviden tanpa atau dengan penurunan  nilai  pada  harga  sahamnya.  Dapat  dipastikan  hal  tersebut  akan terwujud dengan prasyarat tidak terjadi peristiwa politik yang dapat mengejutkan pasar. Dengan adanya stock split, saham emiten di pasar akan lebih murah dan jumlahnya pun tidak akan lebih banyak. Dengan kondisi seperti ini, maka perdangan   saham   pelaku   stock   split   diharapkan   bisa   lebih   likuid   dan kemampuanya menggalang dana untuk perusahaan akan semakin baik. Selain itu, dengan murahnya harga saham tersebut, kesempatan masyarakat luas untuk ikut memiliki saham ini akan semakin tinggi.

Sumber
Jogiyanto Hartono. (2003). Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kelima. Yogyakarta. Bpfe. 


Belum ada Komentar untuk "Definisi Stock Split Menurut Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel