Jenis-jenis membaca yang diajarkan pada jenjang pendidikan SD/MI
Jenis-jenis membaca yang diajarkan pada jenjang pendidikan SD/MI dapat dibedakan sebagai berikut.
Jenis-Jenis Membaca |
1) Membaca Teknik
Bertujuan untuk melatih siswa menyuarakan lambang-lambang tulisan dengan lafal yang baik dan intonasi yang wajar.
2) Membaca Dalam Hati
Membaca ini perlu segera dilatihkan setelah siswa menguasai semua huruf. Siswa dilatih membaca tanpa mengeluarkan suara dan bibir tidak bergerak.
3) Membaca Pemahaman
Membaca ini merupakan lanjutan dari membaca dalam hati, mulai diberikan di kelas III. Untuk mengetahui pemahamn siswa, dapat dilakukan dengan menugasi siswa untuk menceritakan isi bacaan atau dengan mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan.
4) Membaca Indah
Pada hakikatnya membaca indah sama dengan membaca teknik tetapi bahan bacaan yang digunakan adalah puisi, fiksi atau cerita anak-anak.
5) Mambaca Cepat
Bertujuan agar siswa dapat menangkap isi bacaan dalam waktu yang cepat. Untuk itu siswa perlu dilatih gerakan mata, arah pandangan lurus, dari atas ke bawah, hindari membaca kata demi kata, dan menunjuk bacaan dengan satu jari. Kegiatan membaca ini mulai diajarkan di kelas IV.
6) Membaca Pustaka
Kegiatan membaca ini merupakan kegiatan membaca di luar jam pelajaran dalam bentuk penugasan kelompok atau individu. Jenis membaca ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca siswa.
7) Membaca Bahasa
Membaca ini ditekankan untuk memahami kebahasaan, bukan memahami isinya. Melalui membaca ini siswa dapat berlatih mengenai makna dan penggunaan kata, pemakaian imbuhan, ungkapan, serta kalimat.
Sumber
Puji Santoso, dkk. (2008). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis membaca yang diajarkan pada jenjang pendidikan SD/MI"
Posting Komentar